Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Postingan Populer

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Postingan Populer

JI News:

latest

Pro Kontra Dakwah Habib Muhammad Rizieq

Nurannisa Fitriani (Mahasiswa Semester 1 Prodi JI) Dalam berdakwah banyak yang harus dipelajari untuk mampu berdakwah secara baik, benar, da...

Nurannisa Fitriani (Mahasiswa Semester 1 Prodi JI)

Dalam berdakwah banyak yang harus dipelajari untuk mampu berdakwah secara baik, benar, dan tidak menyebar hoax, tidak menimbulkan konflik di tengah. Seorang pendakwah harus mampu menjadi teladan bagi masyarakat luas. Pendakwah itu sendiri tidak boleh melakukan provokasi atau menghasut lewat dakwah, Dakwah yang memprovokasi adalah dakwah yang menyatakan pandangannya saja yang benar namun menjelek-jelekan pandangan orang lain jadi, inilah yang harus dihindari oleh seorang pendakwah.

Habib Muhammad Rizieq bin Hussein adalah seorang tokoh Islam yang di kenal sebagai pemimpin dan pendiri Organisasi FPI (front Pembela Islam) Heboh diperbincangkan oleh para masyarakat, setelah melihat video ceramahnya yang berdurasi 53 menit lewat 42 detik di akun salah seorang Youtuber bernama "Hafiz Prisyono dengan Subscriber 8,53 ribu,dan yang menontonnya lebih dari 1,3 juta orang dan isi komentar itu kebanyakan kontra atau tidak setuju".

Dakwah Habib Rizieq menjadi pro dan konta di tengah masyarakat, sebagian masyarakat tidak sejalan dengan dakwah yang  diberikan saat ceramah di Jakarta Pusat saat memperingati Maulid Nabi muhammad SAW. menuai kritik, sebab pada acara tersebut, Habib Rizieq menyebut-nyebut kata lonte dan menjelek-jelakan beberapa nama dalam video tersebut, itu sungguh tidak baik bagi seorang tokoh panutan yang banyak dihormati dan memiliki banyak pengikut harusnya seorang pendakwah itu berdakwah dengan beberapa metode seperti kata yang baik, sopan, dan bil Hikmah. Selain itu ia mengancam ada pemenggalan kepala “Jangan salahkan kaum muslim kalau besok kepalanya dipenggal di jalanan” seperti yang terjadi di prancis bernama Samuel Paty karena menunjukkan kartun Nabi Muhammad SAW.

Metode dakwah itu sendiri adalah suatu tata cara yang harus dipelajari dan harud mencapai tujuan dakwah secara efektif dan efesien. Dakwah yang baik menurut Islam menyeruh pada kebaikan dan harus di dasari dengan ilmu, niat dan harus benar untuk mencaru ridha Allah Swt. Bertutur kata yang sopansera  santun,dan memberikan contoh teladan yang baik.

Metode dakwah Habib rizieq merupakan metode dakwah syiddah dan ghildah tidak sesuai kondisi masyarakat yang harmoni, metode dakwah syiddah dan ghildah hanya untuk dalam peperangan karena ia menggunakan kata-kata keras dan kasar yang tidak seharusnya disebut saat berdakwah ia juga menjatuhkan beberap nama pada ceramahnya di Maulid tersebut.Islam mengajarkan kita berdakwah secara lemah dan lembut sekalipun kita benar dan isi ceramahnya juga dapat membuat perpecahan antara muslim pemerintah Indonesia,karena Habib Rizieq memiliki pengkut yang banyak.

Tidak ada komentar