Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Secarik juang! Jas hitam dan kemeja putih.

Ujian komprehensif menjadi salah satu syarat bagi para mahasiswa tahap akhir. Diikutinya ujian ini setelah semua mata kuliah mampu diselesai...

Ujian komprehensif menjadi salah satu syarat bagi para mahasiswa tahap akhir. Diikutinya ujian ini setelah semua mata kuliah mampu diselesaikan sesuai dengan jumlah SKS yang ditentukan. Guna adanya ujian ini agar mahasiswa menjadi lebih berkompeten dalam bidang yang diminati namun tak melupakan nilai keagamaan.


Uniknya, ujian komprehensif ini perdana diikuti oleh prodi Jurnalistik Islam fakultas FUAD yang menjadi angkatan pertama di IAIN Parepare. Terdaftar 6 mahasiswi JI yang mengikuti ujian ini dengan jadwal yang sama yang berlangsung pada hari Rabu, 03 juni 2021, pukul 08.30-14.00 yang terbagi 3 materi yakni, materi ilmu komunikasi, ilmu fiqih dakwah, dan materi keprodian.


Bagi mahasiswa JI menjadi pengalaman yang cukup mengesankan, sebab selain mempersiapkan diri dengan memahami materi yang ada, mereka pun dituntut mengikuti ujian ini dengan baik sebab akan menjadi contoh bagi adek juniornya nanti. Bukan hanya itu, ujian ini menjadi pengalaman baru bagi angakatan pertama ini.


Sebelum matahari terbit, terdengar orkestra katak yang bergema di tembok rumah berwarna orange yang akrab disebut BTN graha 2, dihuni 6 mahasiwa JI yang masih mempelajari materi ujiannya. Mereka adalah Ammi, Narti, Ella, Lisa, Ega, dan Siti. 


Tepat pukul 07.00, mereka bergantian menyetrika kemeja putih, jas hitam, dan jilbab masing-masing. Menunggu giliran mandi dan saling membantu memakai jilbab. Menata rias wajah dengan look natural serta sepatu sneekers yang kompak. Sehingga, semua persiapan selesai mereka siap menjalankan ujian ini dengan khidmat. 


Prosesnya banyak tawa, pelukan hangat, dan canda karena keramahan penguji walau beberapa kali tegang dan kaku. Segala kemudahan dan kelancaran terjadi dan kebahagian mengelilingi mereka semua. Hingga pada tahap akhir, mereka menghela napas lega sebab hari itu terjadi begitu menyenangkan. 


Bagaikan ajang untuk terus menampilkan yang terbaik dan mempersembahkan paling baik, menjadi calon sarjana memiliki tanggung jawab yang penuh sebagai pemegang perubahan. Jas hitam dan kemeja putih serta cerita hari ini

Penulis: Andi Siti Tri Insani

Tidak ada komentar