Page Nav

5

Grid

GRID_STYLE

IAIN Parepare

IAIN Parepare

Postingan Populer

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Postingan Populer

Breaking News:

latest

Bentuk Sikap Kritis Jurnalis Muda, HMPS JI Gelar PJTD

Parepare  -- Himpunan Mahasiswa Program studi Jurnalistik Islam (HMPS-JI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mengadakan Pelatihan J...


Parepare 
-- Himpunan Mahasiswa Program studi Jurnalistik Islam (HMPS-JI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). 

Pelatihan itu digelar di dua tempat yakni Aula Serbaguna IAIN Parepare dan Wisata Ladoma, Kecamatan Bacukiki, pada Sabtu dan Minggu (23-24/09/2023).

Kegiatan ini mengusung tema, "Menumbuhkan jurnalis muda, melalui jurnalistik membentuk sikap kritis di era Disrupsi Digital," diikuti oleh Mahasiswa Baru Prodi JI.

Ketua Prodi Jurnalistik Islam, Nahrul Hayat mengatakan, sangat mengapresiasi dan mendukung program dari HMPS-JI tersebut.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa baru dalam menerima bekal sebagai calon jurnalis. Hal ini sesuai dengan salah satu profil lulusan Prodi JI yaitu melahirkan pekerja profesional di bidang pers, sekaligus menjadi ajang untuk memperkuat tali silaturahmi antara mahasiswa prodi JI," kata Nahrul.

Nahrul berharap agar kegiatan tersebut dapat sering dilakukan dengan lebih bervariatif, menyesuaikan kesiapan dan kemampuan.

"Format kegiatan bisa menyesuaikan dengan kesiapan dan kemampuan. Jadi tidak mesti dikemas dengan kegiatan formal. Kemudian penting untuk melakukan evaluasi out comes dari setiap kegiatan, serta mengusahakan memiliki luaran dalam bentuk karya jurnalistik," ungkapnya.

Ketua Umum HMPS-JI, Arif Sulaiman mengatakan, kegiatan itu bertujuan sebagai pelatihan bagi mahasiswa baru prodi JI untuk lebih memahami dunia jurnalistik.

"Kegiatan PJTD ini bertujuan, dimana sebelum maba masuk ke keluarga besar JI iya akan di sambut dengan kegiatan pelatihan seputar dunia jurnalistik, agar mereka lebih mendalami cara kerja jurnalistik," ucapnya 

Arif juga menjelaskan alasan diangkatnya tema dari kegiatan PJTD itu karena ingin memelihara dan menjaga ideologi jurnalistik.

"Kami juga ingin memelihara para jurnalis muda untuk terus menjaga ideologi yang ada di dunia jurnalistik, agar mereka tetap pada poros ke jurnalistik yang bersikap independen dan mengamalkan kode etik jurnalistik, di era disrupsi digital," jelas Arif.

Mahasiswa baru prodi Jurnalistik Islam Syahra Ramadhani, mengungkapkan kesannya mengikuti PJTD karena bisa mendapat pengalaman yang tidak terlupakan.

"Kesan setelah mengikuti PJTD ini selain menerima materi dengan baik, kami juga dapat mengenal antara mahasiswa prodi ji dan menambah relasi. Serta mendapatkan memori-memori yang berkesan saat berada di sana. Intinya di sana bersenang-senang," ungkap syahra. 

Syahra berharap kegiatan PJTD tersebut dapat membentuk jurnalis muda yang kompeten, terkhusus pada dirinya dapat berkompeten.

"Harapan saya semoga PJTD tahun ini dapat membentuk jurnalis muda, yang kompeten dalam semua bidang terutama dibidang yang di minati," tutur syahra.

Penulis : Alya Anwar|Editor : Humas JI

Tidak ada komentar