Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Semarak Game Online

Ashar (Mahasiswa Prodi Jurnalistik Islam IAIN Parepare) Pada   era globalisasi ini teknologi semakin berkembang dan lebih praktis ...


Ashar
(Mahasiswa Prodi Jurnalistik Islam IAIN Parepare)
Pada  era globalisasi ini teknologi semakin berkembang dan lebih praktis dalam mempermudah masyarakat untuk beraktivitas. Baik itu saling memberikan informasi ataupun saling berkomunikasi.Tidak hanya itu, teknologi yang berbasis hiburan seperti game juga mengalami peningkatan salah satunya yaitu game online. Game Online bagian teknologi permainan video yang menggunakan jaringan internet untuk mengaksesnya. Game online ini dimainkan melalui handphone ataupun komputer yang dapat dimainkan bersama orang lain. Game Online pun sendiri memiliki banyak jenis baik yang berupa perang, sport, action bahkan game strategi pun ada.

Game online pada zaman sekarang sangat berkembang pesat, peminatnya hampir memasuki semua kalangan. Termasuk orang tua yang tak sadar menjadi panutan bagi anaknya. Hal ini memberikan damak positif dan negatif bagi para penggunanya. Dampak positif bagi penggunanya dapat membuat mereka memiliki banyak teman, hal ini tentunya berdampak baik bagi para pelajar karena mereka dapat menjalin silaturahmi antar sesama pelajar dari sekolah yang berbeda melalui game ini sendiri. Dampak positif yang lain dari game online ini sendiri berdampak bagi pelajar yang tidak suka belajar bahasa asing di dalam kelas tentu dapat membuat mereka lebih cepat memahami bahasa asing melalui game yang mereka mainkan. Oleh karena itu, para pelajar yang bermain game pasti mencari arti dari bahasa asing ketika memulai game yang menggunakan bahasa asing sehingga ketika mereka mencari artinya maka mereka juga akan lebih mudah menghafalnya.

Adapun dampak negatif dari game ini yaitu mereka akan lupa akan kehidupan nyata seperti lupa makan, selalu begadang, serta penglihatan mereka akan buram karena terkena cahaya radiasi dari handphone itu sendiri sehingga akan membuat kesehatan mereka terganggu. Selain berdampak pada kesehatan pengaruh game online juga sangat berpengaruh pada prestasi para pelajar karena mereka akan sangat fokus pada game sehingga lupa akan waktu belajar. Keseringan bermain game akan memunculkan perkumpulan para gamers ini sehingga ketika mereka berkumpul mereka hanya akan bermain game dan lupa waktu untuk belajar dan melakukan hal-hal yang berguna bagi mereka. 

Pada masa pandemi Covid-19 ini juga membuat para pelajar untuk tetap dirumah dan melakukan pembelajaran dengan sistem daring (online), hal ini membuat para pelajar ini memiliki banyak waktu untuk belajar tapi keadaan ini justru berbanding terbalik para pelajar sekarang malah menggunakan waktu belajar online mereka dengan game online. Aturan belajar online yang dikeluarkan pemerintah justru menjadi sarana bermain game online bagi pelajar yang suka bermain game online. 

Inilah yang membuat para orang tua harus pandai-pandai dalam memperhatikan anaknya agar mereka dapat mengatur waktu. Ketika waktu pembelajaran online dimulai maka orang tua harus berada disamping anaknya agar anaknya tersebut tidak bermain game online tetapi ketika waktu belajar sudah selesai maka para pelajar yang suka bermain game online dapat memainkan game nya dengan catatan mereka harus ingat waktu. Dan juga para pelajar ini harus  berbaur dengan lingkungan sekitar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan begitu waktu luang tidak hanya di isi dengan bermain game online tetapi juga kegiatan bermanfaat lainnya, dan dengan begitu teknologi seperti game pun dapat diatur dalam penggunaannya, bukan teknologi yang mengatur itu semua.   

Editor: Andi Siti Tri Insani

Tidak ada komentar