Page Nav

5

Grid

GRID_STYLE

IAIN Parepare

IAIN Parepare

Postingan Populer

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Postingan Populer

Breaking News:

latest

Kalian Wajib Tahu Makna Dan Filosofi Logo Sulsel Yang Ke 353 Tahun

JURNALISTIKISLAM, PAREPARE - Seperti diketahui, HUT Sulsel diperingati pada 19 Oktober setiap tahun. Tahun ini 2022. Sulawesi Selatan telah...

Dokumentasi Istimewa
JURNALISTIKISLAM, PAREPARE - Seperti diketahui, HUT Sulsel diperingati pada 19 Oktober setiap tahun. Tahun ini 2022. Sulawesi Selatan telah berusia 353 berdasarkan penetapan tanggal hari jadi.

Dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, logo HUT Sulsel ke-353 tidak terlepas dari tema yang diusung tahun ini, yakni "Sulsel Optimis, Sulsel Tangguh, Ekonomi Berdaulat". Tentunya logo HUT Sulsel memiliki makna dan filosofi yang patut diketahui.

Makna dan Filosofi Logo HUT Sulsel ke-353.

Logo HUT Sulsel menggunakan gaya huruf Lontara. Adapun penjelasan makna dan filosofinya sebagai berikut:


  1. Angka 353 secara keseluruhan menggambarkan usia Sulsel yang telah mencapai 353 tahun.
  2. Rangkaian angka yang membentuk sulapa appa dihubungkan oleh empat titik yang menggambarkan ketangguhan dan kekokohan berakar pada kekuatan 4 etnis di Sulsel yakni Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja. 4 titik ini juga melambangkan 4 tahun kepemimpinan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.
  3. Angka 3 pertama berbentuk Lontara menandakan Geopark Maros Pangkep yang tahun ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai UNESCO Global Geopark (UGGp).
  4. Angka 5 merupakan simbol ketangguhan yang terinspirasi dari layar Phinisi.
  5. Angka 3 di akhir adalah gesture atau karakter penari adat ketika menyambut tamu terhormat yang menggambarkan ragam budaya yang dimiliki Sulsel.
  6. Tulisan Sulawesi Selatan dari huruf Lontara dengan titik berwarna merah dan orange menggambarkan daerah Sulawesi Selatan yang optimis dan percaya diri sebagai daerah yang mandiri dan penopang sejumlah provinsi lain di Indonesia. 

Tidak ada komentar