Page Nav

5

Grid

GRID_STYLE

IAIN Parepare

IAIN Parepare

Postingan Populer

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Postingan Populer

Breaking News:

latest

Prodi Jurnalistik Islam Terapkan Kurikulum MBKM Berbasis OBE Tahun Ajaran 2024/2025

  Penyerahan Dokumen Kurikulum Berbasis OBE Kepada Dekan Fakultas Parepare-- Program Studi Jurnalistik Islam di Institut Agama Islam Negeri ...

 

Penyerahan Dokumen Kurikulum Berbasis OBE Kepada Dekan Fakultas

Parepare-- Program Studi Jurnalistik Islam di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare terapkan kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) berbasis Outcome-Based Education (OBE) guna menghasilkan pembelajaran yang lebih produktif, Jumat (16/08/2024).

Ketua Program Studi Jurnalistik Islam, Nahrul Hayat mengatakan, Kurikulum OBE ini memiliki kelebihan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih dinamis dan produktif.

"Melalui penerapan kurikulim OBE diharapkan nantinya akan membentuk lulusan yang kompetitif dan adaptif dengan kebutuhan dunia industri khusunya di bidang jurnalistik, komunikasi dan konten kreator," ungkapnya.

Dosen Jurnalistik Islam, Mifda Hilmiyah menuturkan, kurikulum MBKM berbasis OBE di program studi Jurnalistik Islam dirancang melalui proses kolaboratif yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen dan alumni.

"Fokus utama kurikulum ini adalah pada pencapaian profil lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Selain itu, program MBKM memberikan fleksibilitas kepada mahasiswa untuk memilih kegiatan pembelajaran di luar kampus, seperti magang dan proyek lainnya, yang secara langsung mendukung pembentukan profil lulusan yang diinginkan," ucapnya.

Ia juga menyebutkan beberapa Metode yang dilakukan dalam evaluasi efektivitas kurikulum MBKM berbasis OBE, seperti survei kepuasan mahasiswa, umpan balik dari dosen, evaluasi kinerja mahasiswa dalam kegiatan MBKM, dan analisis data hasil asesmen capaian pembelajaran.

"Evaluasi juga mencakup pemantauan terhadap pencapaian learning out come serta keterkaitan hasil pembelajaran Selain itu, data dari tracer study terhadap lulusan juga digunakan untuk menilai sejauh mana lulusan mampu menerapkan kompetensi yang diperoleh selama studi," tutupnya.(*)

Tidak ada komentar